Posted on Leave a comment

14 Tahun Berdiri, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Turut Dorong Peningkatan Transaksi Produk Cokelat di Indonesia


Pelaku Usaha Lokal Jakarta, Pipiltin Cocoa Manfaatkan Tokopedia untuk Perkuat Keberlangsungan Bisnis Demi Sejahterakan Petani Cokelat Indonesia

Jakarta, 8 Agustus 2023 – Selama 14 tahun berdiri, perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia sekaligus bagian dari Grup GoTo terus berupaya membantu pegiat usaha lokal di seluruh Indonesia agar dapat bertumbuh dan berkembang bersama hingga menjadi raja di negeri sendiri. Berbagai inisiatif termasuk inisiatif Hyperlocal yang dijalankan secara konsisten telah memberi dampak positif terhadap bisnis para pelaku usaha di Indonesia dari berbagai bidang, salah satunya di kategori makanan dan minuman seperti Pipiltin Cocoa.

Tokopedia, melalui Rizky Juanita Azuz, selaku Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, mengatakan bahwa, “Inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, turut mendorong peningkatan transaksi produk Pipiltin Cocoa. Rata-rata peningkatan hampir 4 kali lipat di beberapa wilayah seperti Kab. Kutai Timur, Kab. Ketapang, Kota Batu, Kota Banjar, dan Kab. Jombang pada periode setahun terakhir dibandingkan setahun sebelumnya.”

Di sisi lain, pengiriman terjauh Pipiltin Cocoa sepanjang setahun belakang adalah dari Jakarta ke Kab. Sorong Selatan (Papua).

Dikenal sebagai brand yang fokus mengangkat cokelat lokal dan diolah dari perkebunan cokelat organik serta telah bekerja sama dengan kurang lebih 2.000 petani cokelat di berbagai daerah di Indonesia, Pipiltin Cocoa terus bangkit walau sempat mengalami penurunan omzet lebih dari 50% akibat pandemi.

Pemilik Usaha Pipiltin Cocoa, Tissa Aunilla mengatakan bahwa Pipiltin Cocoa mengubah strategi penjualan dengan memanfaatkan platform digital Tokopedia. “Kami mendapatkan banyak manfaat termasuk exposure lewat program-program promosi yang dihadirkan Tokopedia, seperti rutin mengikuti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Flash Sale, Cantik Fest, Kebut GoPay, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan saat ini penjualan kami naik lebih dari 50% dibandingkan sebelum pandemi.”

“Setelah beradaptasi dengan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi sejak tahun 2020, Tokopedia berperan penting terhadap keberlangsungan bisnis Pipiltin Cocoa. Dengan begitu, kami dapat terus mewujudkan misi untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengedukasi petani cokelat Indonesia agar bisa terus meningkatkan kualitas produksi,” lanjutnya.

Konsistensi Pipiltin Cocoa dalam menyejahterakan petani cokelat Indonesia pun diwujudkan melalui kampanye #1000BibitUntukPetaniBali yang diluncurkan di platform digital Tokopedia dengan tujuan untuk membantu para petani cokelat melalui pemberian 1000 bibit pohon cokelat untuk ditanam petani di Tabanan Bali. Kampanye ini berjalan dan baik dan memenuhi target, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2021 dengan penjualan lebih dari 47.000 produk di Tokopedia.

“Program ini disambut antusias oleh pelanggan kami yang membeli lewat Tokopedia. Sebelum menutup bulan November, kami telah berhasil mencapai sesuai jumlah penjualan yang ditargetkan,” ungkap Tissa.

Pipiltin juga bekerja sama dengan salah satu mitra di Jepang dalam menjalankan program ‘Mari Kita Menulis Surat Kepada Petani Kakao dan Mendapatkan Balasan!’ selama 3 tahun untuk mendekatkan konsumen asal Jepang dengan petani cokelat asal Bali. Tujuannya agar petani cokelat asal Bali semangat untuk memproduksi biji cokelat berkualitas.

Melihat pertumbuhan transaksi produk Pipiltin Cocoa dan keberlangsungan bisnisnya, inisiatif Hyperlocal Tokopedia dan berbagai inisiatif lain yang bekerja sama dengan mitra strategis lainnya, turut memberi dampak positif pula terhadap penjualan produk cokelat dalam periode setahun ke belakang (periode data Agustus 2022-Juli 2023).

“Menurut data internal Tokopedia dalam periode setahun ke belakang, Provinsi Papua Barat tercatat sebagai wilayah yang mengalami kenaikan transaksi produk cokelat tertinggi dengan kenaikan sebesar hampir 1,5 kali lipat. Masih pada periode yang sama, Tokopedia juga mencatat produk cokelat mengalami kenaikan transaksi di berbagai wilayah, beberapa di antaranya adalah Kab. Halmahera Tengah, Kab. Raja Ampat, Kab. Sabu Raijua, Kab, Mamasa, serta Kab. Gayo Lues dengan rata-rata kenaikan transaksi di beberapa wilayah tersebut sebesar hampir 9 kali lipat,” jelas Rizky.

Sementara menurut temuan menarik lainnya, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kebutuhan sehari-hari atau groceries (termasuk kecantikan dan perawatan diri serta makanan dan minuman), rumah tangga, fesyen, elektronik, serta olahraga dan hobi jadi kategori paling laris setahun ke belakang.

“Melihat semangat para pelaku usaha hingga UMKM Indonesia, serta pengguna Tokopedia yang turut berkontribusi pada pemanfaatan teknologi, dalam menyambut HUT ke-14, Tokopedia mengapresiasi pengguna setia dengan menghadirkan kampanye ‘Tokopedia Traktir Ultah’ sepanjang bulan Agustus 2023. #TraktirUltah memberi diskon biaya jasa aplikasi dan bebaskan pengguna gabungkan promo, agar berbelanja online masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan menjadi lebih efisien,” tutup Rizky.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *