Posted on Leave a comment

Java Loenpia dan Moaci Gemini, Dua Jajanan Legendaris asal Kota Semarang yang Perluas Pasar Lewat Tokopedia


Semarang, 2 Mei 2023 – Melalui berbagai inisiatif Hyperlocal, Tokopedia terus berkomitmen untuk mendorong pemerataan ekonomi dan kemudahan masyarakat guna memenuhi kebutuhan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Semarang. Dalam rangka memperingati HUT Kota Semarang ke-476 pada 2 Mei 2023, Tokopedia mencatat beberapa temuan menarik terkait tren transaksi di Kota Lumpia ini.

Tokopedia melalui Sherine Pranata selaku Category Development Senior Lead Tokopedia mengungkapkan, “Melalui salah satu turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia Nyam! Tokopedia terus membantu pegiat usaha khususnya UMKM lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini didukung dengan adanya kenaikan transaksi Tokopedia NYAM di Kota Semarang sebesar 1,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan 2022 lalu.”

Data internal Tokopedia juga mencatat Makanan Kering, Makanan Beku, Minuman, Makanan Sarapan, dan Makanan Ringan menjadi beberapa produk dengan kenaikan transaksi kampanye Tokopedia NYAM! tertinggi di Kota Semarang pada kuartal I 2023 dibandingkan 2022 lalu dengan rata-rata kenaikan transaksi sebesar 2,5 kali lipat.

“Pengiriman ke Kota Banda Aceh menjadi rute terjauh pengiriman transaksi Tokopedia NYAM! dari Kota Semarang selama kuartal I 2023,” tambah Sherine.

Layanan Gudang Pintar Dilayani Tokopedia pun turut membantu para UMKM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlihat dari kenaikan jumlah jumlah penjual di Kota Semarang yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibanding periode sama 2022.

Salah satu pelaku UMKM asal Semarang, Jawa Tengah, Shella Audry selaku pemilik usaha Java Loenpia mengatakan bahwa Tokopedia menjadi marketplace pilihan utamanya dalam menjalankan bisnis. Ia pun telah merasakan berbagai dampak positif sejak bergabung dan mengembangkan bisnis bersama Tokopedia.

“Lumpia sendiri identik dengan makanan orang tua. Maka dari itu, kami terus berinovasi menghadirkan berbagai pilihan rasa lumpia yang sesuai dengan kebutuhan keinginan masyarakat khususnya kalangan muda. Contohnya, kami menghadirkan rasa Sei Sapi dan Ikan Cakalang untuk menarik perhatian dan rasa penasaran masyarakat terhadap makanan khas Semarang,” ujar Shella.

Baru-baru ini, Java Loenpia juga merilis varian produk terbaru yaitu Roti Loenpia pertama di Indonesia dengan isian rebung dan ayam khas Java Loenpia.

Menurut Shella, Java Loenpia dapat terus berkembang salah satunya karena terus melakukan inovasi yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat serta memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia agar semakin memperluas pasar. Selain perkembangan usahanya, Shella juga senang dapat memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk bergabung dengan Java Loenpia.

Pegiat UMKM asal Semarang lainnya, Stefania, pemilik usaha Moaci Gemini menuturkan bahwa sejak adanya pandemi, ia memutuskan untuk mulai berjualan di Tokopedia untuk mempertahankan bisnisnya yang terdampak pandemi. “Moaci Gemini sendiri dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang sehingga terpengaruh oleh industri pariwisata di Kota Semarang yang mengalami penurunan di masa pandemi,” ucap Stefania.

Stefania juga menambahkan bahwa sejak bergabung di Tokopedia, Moaci Gemini dapat menjangkau pasar lebih luas di luar Kota Semarang. “Melalui Tokopedia, kami dapat lebih mudah memasarkan produk moaci kami hingga ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan pengiriman terjauh sudah sampai ke Kalimantan,” terangnya.

“Berkat memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye yang dihadirkan Tokopedia seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Tokopedia Nyam! Moaci Gemini dapat semakin meningkatkan brand awareness produk moaci kami yang memiliki tekstur lebih kenyal dan lebih halus dibandingkan produk moaci lainnya di pasaran,” tambah Stefania.

Moaci Gemini terus berupaya menjaga kualitas produk dan pelayanan agar dapat tetap eksis dan sukses hingga saat ini. Menurut Stefania, kami juga harus mempertahankan heritage value yang sulit didapatkan dari usaha lainnya.

“Tokopedia akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” tutup Sherine.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *