Posted on Leave a comment

Penjualan UMKM Bisa Meningkat Berkat Tips SEO Tepat ala Tokopedia


Indonesia, 21 Februari 2022 – Upaya untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian dengan menggunakan kaidah SEO (Search Engine Optimization) dapat mengundang lebih banyak calon pembeli. Hal ini diungkapkan oleh SEO Senior Lead Tokopedia, Frans Fernando.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, melalui Frans pun membagikan lima tips agar UMKM lokal dapat mengoptimalkan SEO supaya produk lebih mudah ditemukan oleh pembeli di halaman mesin pencarian.

1. Cara Penulisan Nama Produk – Hal pertama yang dicari oleh calon pembeli adalah nama produk. Jika nama produk ditulis sesuai dengan produk yang dijual, hal ini akan memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan.

2. Deskripsi Produk Sesuai Kata Kunci – Saat menuliskan deskripsi produk, gunakan kata kunci yang relevan, supaya calon pembeli lebih tertarik dan membuat produk muncul di halaman pencarian.

“Lengkapi deskripsi produk dengan jelas agar memudahkan pembeli mencari produk yang dibutuhkan. Pegiat usaha bisa menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia untuk mencari kata kunci produk yang sering dicari calon pembeli. Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan, contoh: Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang,” tambah Frans.

3. Tambahkan Tautan yang Relevan – Mencantumkan tautan akun toko Tokopedia pada halaman media sosial atau situs yang dikelola juga penting untuk membantu meningkatkan pengunjung, penjualan dan kepercayaan calon pembeli.

“Menambahkan tautan akun toko Tokopedia di media sosial, serta menautkan ke situs yang relevan dengan produk juga akan mengoptimalkan performa SEO,” jelas Frans.

4. Optimalkan Visual Produk – Foto atau gambar produk dapat membantu meningkatkan jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman produk. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan mempengaruhi secara positif urutan rating toko di mesin pencarian.

“Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” jelas Frans.

5. Kombinasikan Kata Kunci – Kombinasi kata kunci yang saling berkaitan pada produk akan memudahkan calon pembeli menemukan barang yang lebih spesifik. 

Contoh cara menamai produk yang baik adalah dengan mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna). Misalnya “Mukena Wanita (Merek) Merah Ukuran M” akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang mencarinya.

“Tokopedia kedepannya akan #SelaluAdaSelaluBisa mendorong kemajuan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, lewat pemanfaatan teknologi agar dapat #BangkitBersama di tengah pandemi dan meraja di negeri sendiri,” tutup Frans.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *