Posted on Leave a comment

Simak Lima Hal yang Penting Dilakukan Saat Terima Pesanan Online


Indonesia, 14 Maret 2022 – Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

  1. Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan’ – “Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
  2. Segera Cek Barang – Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan – bisa dalam bentuk foto atau video – untuk mendapatkan solusi yang terbaik.
    Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.
  3. Perhatikan Batas Waktu Komplain – Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” tambah Ekhel.
  4. Cek Ongkos Kirim Akhir – Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.
  5. Jangan Lupa Kasih Review – Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. “Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” jelas Ekhel.

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *