Posted on Leave a comment

Tokopedia Bagi Tips Hadapi Lonjakan Pesanan Jelang Ramadan


Indonesia, 28 Maret 2022 – Menjelang Ramadan 2022, kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi. Hal ini diungkapkan oleh AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

Tokopedia pun membagikan tips bagi para pegiat usaha terutama UMKM lokal agar bisa melakukan persiapan dengan lebih baik dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan.

  1. Gunakan ‘Dilayani Tokopedia’ – Jaringan ‘gudang pintar’ Dilayani Tokopedia dapat membantu penjual menjawab tantangan logistik antar pulau dengan lebih efisien. Layanan ini memungkinkan penjual menitipkan stok produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi.
    “Melalui Dilayani Tokopedia, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp0 se-Indonesia serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran,” jelas Trian.
  2. Aktifkan Opsi Pengiriman Khusus Makanan – Menjelang Ramadan, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hampers hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, dan hampers makanan menjadi yang paling populer.
    Jangan lupa mengaktifkan pilihan pengiriman khusus untuk makanan ke luar kota. Pastikan pengemasan produk makanan kedap udara agar makanan tetap aman ketika sampai di pembeli.
  3. Manfaatkan Modal Toko – Lewat Modal Toko, penjual yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan modal usaha tambahan untuk menunjang biaya operasional. Terdapat juga berbagai promo tertentu di Modal Toko yang berlaku selama Ramadan.
    “Fasilitas pinjaman modal usaha ini menyediakan limit kredit yang fleksibel serta bisa ditarik kapan pun dan berapa pun sesuai kebutuhan. Selain itu, bunga pinjaman yang ditawarkan sangat terjangkau dan flat. Proses persetujuan pinjaman juga hanya dalam hitungan menit,” kata Trian.
  4. Tambah Wawasan – “Kami mengimbau para penjual untuk bergabung di komunitas penjual Keluarga Tokopedia agar bisa mendapatkan wawasan dari penjual lainnya,” saran Trian.
    Tokopedia juga menghadirkan beragam materi edukasi di Pusat Edukasi Seller, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN 2022. Program ini menyediakan materi dengan berbagai tingkatan sesuai kebutuhan penjual, mulai dari tingkat beginner, intermediate, hingga advanced.
  5. Cermat Gunakan Kata Kunci – Penjual dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.

“Wawasan ini dapat membantu penjual berinovasi dari segi produk, misalnya dengan membuat paket bundling, agar dapat semakin mendongkrak penjualan menjelang dan selama Ramadan,” tutup Trian.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *